Jumat, 04 November 2011

MUSLIMAH ……. KEMBALIKAN BUDAYA KEISLAMAN MU



Pendahuluan
       Bukan yang cantik jelita.bukan yang kaya raya,berlimpah harta.bukan keturunan seorang bangsawan.tapi yang shalihah. Itu predikat terhormat yang seharusnya disandang oleh semua wanita. Ya…. Wanita shalihah ialah perhiasan terindah dunia yang membuat duniaini merekah indah dalam syariah.betapa indah dunia ini bila kaum hawa yang berada didalamnya benar – benar merunduk taat kepada yang kuasa. Itulah untaian kata yang di tulis oleh muhamad albani dalam “muslimah jadilah shalihah”.[1]
      Lalu, apa yang kitakatakan tatkala menyaksikan saudari – saudari wanita kita yang saat ini masih suka mengumbar aurat didepan khalayak? Dan mereka, wanita yang tanpa malunya melakukan hubungan mesum dengan laki – laki yang bukan mukhrimnya dan dipertotonkan secara vulgar?[2] Yang kemarin sempat mencengangkan kita semua yaitu, vidio aril dan luna maya yang sangat memalukan. Tatakrama dan sopan santun yang menjadi ciri khas seorang muslimah pun kini hilang terhempas badai perkembangan zaman. Hal ini merupakan potret buramruntuhnya sifat malu dalam sanubari manusia masa kini,sungguh memilukan hati. Melihat fenomena yang memalukan ini, masih pantaskah wanita – wanita muslim ini disebut perhiasan indah dunia???

Fenomena Kemunduran Moral Remaja Putri Indonesia
       Sebagai seorang remaja putri yang terbayang – bayang untuk selalu mencoba sesuatu, malu rasanya  bagi merekabila tidak mengikuti trendy terkini. Kini, para remaja putri dengan bangganya memakai peniti yang seharusnya dipakai ditelinga namun kini justru sebagai hiasan bibir dan hidung. Rambut setiap minggu  ganti warna mengikuti gaya bunglon. Begitu juga dengan gigi yang tak ketinggalan diberi hiasan emas.pergelangan tangan dan kaki diberi gelang seperti polisi lagi borgol tahanan. Gayanya juga macam – macam alasanya lagi ngetrend kalau enggak ikut – ikutan dibilang ketinggalan zaman, anak kampungan[3] atau wong ndeso.
      Bukan hanya soal tampilan, baju para remaja putri indonesia pun kini sangat mengenaskan. Pakaian yang serba ketat, nerawang yang menunjukan lengkak-lengkuk keindahan tubuhnya kini merupakan suatu kebiasaan yang menurut mereka lumrah.
       Islam tidak melarang umatnyauntuk menghias diri, namun harus ada batasannya dong. Jangan sampai lupa diri bahwa manusia adalah makluk allah yang paling mulia.maka, dalam berhias harkat dan martabat kita sebagai makluk mulia jangan sampai korbankan. Kita boleh saja menghias diri dengan menggunakan berbagai bahan kosmestik, badan dilulur, jerawat disi ngkirkan,wajah dipoles,lalu sekujur tubuh disemprot wewangian. Namun, jangan terlalu berlebihan. Kata bang haji rhoma irama yang “sedang – sedang saja”. Titik beratkan hiasan kita sebagai seorang muslimah pada akhlakul kharimahnya.[4] Dalam hal ini kita diperbolehkan mengikuti trendy masa kini namun harkat dan martabat kita sebagai seorang muslimah harus selalu dijaga, pakailah pakaian mu sebagai mana islam telah mengatur.
        Fenomena diatas merupakan gambaran kecil rusaknya moral remaja putri indonesia. Seiring maraknya pergaulan bebas yang turut melanda remaja putri indonesia, tak sedikit remaja putri diindonesia yang telah kehilangan keperawanannya. Hasil riset dari penelitian yang dilakukan oleh komnas perlindungan anak (2007) mengenai prilaku remaja yang melakukan hubungan seks pra nikah, menunjukan kecenderungan meningkat.data hasil riset komnas perlindungan anak menyatakan, bahwa separuh remaja perempuan lajang yang tinggal di wilayah jakarta, bogor, tanggerang, dan bekasi telah kehiangan keperawanan dan mengaku pernah melakukan hubungan seks sebelum menikah, bahkan tidak sedikit yang mengalami kasus hamil diluar nikah. Nauzubillah

Wanita dalam islam
      Allah sangat memuliakan seorang wanita. Wanita merupakan hiasan dunia, sebagaimana sabda rosullah saw:
“dunia itu adalah perhiasan, dan sebaik-baiknya perhiasan adalah wanita shalihah.”(HR.Muslim)[5]
Islam juga sangat menghargai dan menempatkan wanita disingasana kemuliaan. Begitu juga bila kelahiran anak perempuan merupakan kenikmatan agung. Islam memerintahkan untuk mendidik dan memberikan balasan yang besar sebagaimana  hadist rosullah:
“barang siapa yang mempunyai tiga orang anak perempuan lalu bersabar menghadapi mereka dan memberi mereka pakaian dari hasil usahanya maka mereka akan menjadi penolong baginya di neraka.”(HR.Ibnu Majah)[6]
Subhanallah,, begitu mulia seorang wanita dimata allah, seorang wanita muslimah merupakan sebuah kenikmatan yang paling berharga. Rasullah mengatakan:
“maukah kalian kuberi tahu suatu nikmat yang paling berharga? Ia adalah perempuan shalihah.”(HR.Hakim)

Islam benar-benar memprihatikan peran wanita muslimah, karena dibalik peran mereka inilah lahir pahlawan dan pemimpin agung yang mengisi dunia dengan hikmah dan keadilan. Berbahagialah engkau wahai muslimah.

Pakaian Ala Remaja Muslimah
       Orang tua sekarang mengatakan ketika beliau masih remaja ia selalu menjaga auratnya dengan memakai pakaian yang rapi, mereka mereka mengikuti prinsip aisyah yang malu kepada mereka yang ada diperut bumi tatkala ia tidak memakai jilbab, apalagi kepada mereka yang ada diatas bumi. Pernyataan ini berbeda dengan wanita masa kini, dengan yang berada diatas bumi saja mereka berani mengumbar auratnya, apalagi dengaan mereka yang berada diperut bumi (orang yang meninggal).[7]
       Rasa malu remaja putri masa kini memang telah sirna terbawa derasnya ombak pergaulan. Pakaian yang serba ketat dan nerawang rasanya telah menjadi sebuah trendy masa kini yang lumrah. Allah telah menjanjikan kepada mereka(wanita) yang memakai baju tetapi pada hakikatnya telanjang tidak akan masuk surga dan mencium aromanya. Wanita-wanita itu adalah mereka yang memakai baju tipis sehingga lengkak-lengkuk tubuhnya terlihat sangat jelas. Mereka mengenakan baju namun, pada hakikatnya mereka telanjang.
       Wajib hukumnya bagi seorang wanita untuk menutup auratnya. Allah berfirman:
“hai anak –anak adam, sesungguhnya kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutupi auratmu dan pakaian indahuntuk perhiasanmu, dan pakaian takwa itulah yang paling baik.yang demikian itu adalah sebagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah.”(Al-A’raf:26).[8]
Dalam firman Allah itu dijelaskan bahwa pakaian diturunkan untuk menutupi aurat serta untuk hiasan. Namun sekarang pakaian yang adaa bukan untuk menutupi auraat tetapi sebagai bahan untuk bergaya dan mengumbar aurat di depan khalayak.
Untuk  menghindari  diri kita sebagai seorang musliamah pakailah pakaianmu sebagaimana islam telah mengannjurkan. Anjuran islam dalam berpakaian ialah:
v  Menutupi semua auratkita,jadi lengkak –lengkuk tubuh tidak terlihat tubuh tidak lagi terlihat secara transparan, gunakan pakaian yang tebal tidak terlalu ketat.
v  Memiliki kepantasan untuk dilihat dan dipakai,tidak berkesan berlebih – lebihan, memberikan kesan serasi, sopan, bersih dan rapi.
v  Tidak menyalahi aturan hukum islam. Maksunya cewek  jangan mengenakan busana cowok dan sebaliknya, cowok tidak mengenakan busana cewek. Karena allahtidak membenarkan ini. Rasullah menyatakan:
“bukanlah dari golongan kami para perempuan yang menyerupai kaum pria, dan pria menyerupai kaum perempuan.”(Mutawalli Asy-Sya’rawi,1994;61)[9]
      Oleh karena itu kita sebagai remaja muslimah, jaga kemulian yang telah diberikan kepada kita. Jangn sia – siakan amanah ini. Pakailah busana muslimah yang pantas untuk kita kenakan. Agama kit telah mengaturnya. Ingat, penghargaan orang terhadap kita tergantung dari bagaimana kita menghargai diri kita sendiri. Bila kita mengenakan busana yang pantas,sopan,dan rapi, orang pun akan menghormati kita. Tapi bila busana sudah tak pantas, seronok, dan  awut – awutan, maka harga diri kita akan melorot. Orang menganggap kita sebagai cewek murahan. Jangan gara – gara ingin ngetrend, kita korbankan harkat dan martabat diri.

Mengembalikan Budaya Kepribadian Muslimah
       Kepribadian muslimah masa kini sudah tidak sesuai dengan anjuran-anjuran islam. oleh karena itu, para ukhti mari kita wujudkan kembali kepribadian seorang muslimah yang telah hilang seiring badai kemajuan zaman.
       Prilakukan diri mu sesuai dengan amanah mu yaitu seorang muslimah,maka berpakaianlah layaknya seorang muslimah. Allah telah berfirman:
“hai nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mu’min, hendaklah mereka mengulurkan jilbab-jilbab mereka keseluruh tubuh mereka. Yang demikianitu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karenya mereka tidak diganggu. Dan adalah allah, maha pengampun lagi maha penyayang.”(al ahzab 59)[10]
Berdasarkan firman allah itu, pakailah jilbabmu untuk menutupi auratmu, karena dengan demikian engkau tidak akan diganggu. Banyak para wanita masa kini, ketika mereka  ditanya mengapa belum memakai jilbab,mereka mereka mengatakan “ saya takut merusak citra jilbab, dengan akhlak saya yang seperti ini, dengan tingkah laku saya yang belum islami, dan dengan segala hal lain yang ada pada diri saya. Saya takut hanya menodai kesucian agung ini.” Allahu akbar………  padahal jika mereka memang bersungguh untuk mengikuti jalan yang benar allah akan menunjukan kepada mereka jalan kebenaran.(al-ankabut:69)
Tak sedikit para wanita muslim, ketika ditanya mengapa mereka tidak berjilbab, mereka menjawab: “tidak pd (percaya diri). Untuk mengembalikan kembali kepribadian seorang muslimah kita harus :
1.      pd untuk memakai pakaian layaknya seorang muslimah.karena dengan keraguan,bimbang,kecemasan,pesimisme, itu merupakan cara syaitan untuk menghilangkanketaatan kita kepada allah swt.
2.      Carilah perhatian hanya kepada allah
Banyak para wanita yang kini mencari perhatian bukan hanya kepada allah melainkan kepada lawan jenisnya. Nauzubillah
ini bukan merupakan ciri seorang muslimah, karena pusat perhatian seorang muslimah hanya untuk allah semata.
3.      Jangan membuang mutiara(waktu luang)
Waktu-waktu luang yang kita temui disela-sela aktivitas sehari-hari merupakan mutiara yang terbuang.
Jangan pernah sia-siakan waktu luang mu, isilah waktu itu dengan mendekatkan diri kepada allah, perbanyaklah ibadah kepadanya. Dengan cara ini kita akan terhindar dari perbuatan-perbuatan negatif.

     Insyallah dengan menjalankan hal-hal yang kerap kita lupakan itu, kepribadian kita sebagai seorang muslimah akan tumbuh kembali.

Penutup
      Seiring dengan berkembangnya zaman serta teknologi, menggiring remaja muslim putri  indonesia untuk mencampakkan kepribadian seorang muslimah yang menjadi budaya negeri ini.
      untuk mengembalikan kembali kepribadian seorang musliamah, mari kita berprilaku selayaknya  seorang muslimah, dengan memakai pakaian yang telah diatur oleh agama kita (islam),bertutur kata dengan sopan,mengikuti kegiatan-kegiatan islami, memanfaatkan waktu luang untuk beribadah,sehingga detik-detik kita hanya untuk beribadah kepada allah dan tidak ada sedikit waktupun untuk berbuat negatif(maksiat),berhiaslah sewajarnya dan hiasi wajahmu dengann iman, titik beratkan hiasan kita sebagai muslimah pada akhlakul kharimahnya selalu ingat allah ta’ala akan nikmaat dan murkanya.



DAFTAR ISI
Muhamad Albani,Muslimah Jadilah Shalihah,Kiswahmedia,solo.2011

Prof.Dr.H.Jalaludin,fikih remaja:Bacaan Populer Remaja Muslim,Kalam Mulia,Jakarta.2009
Salim  A.Fillah,Agar Bidadari Cemburu Padamu,Pro-U Media,Yogyakarta.2010
Artikel,Keagungan Wanita Dalam Naungan Islam,Majalah Al-Furqon Tahun 6  Edisi 9,Rabi’uts Tsani 1428 H



[1] Muhamad Albani,Muslimah Jadilah Shalihah,Kiswahmedia,solo.2011;13
[2] Ibid,23
[3]Prof.Dr.H.Jalaludin,fikih remaja:Bacaan Populer Remaja Muslim,Kalam Mulia,Jakarta.2009;328
[4] Ibid,329
[5] Diriwayatkan Oleh Muslim,no.1467,Muhamad Albani,Muslimah Jadilah Shalihah,Kiswah Media,Solo.2011;14
[6] Artikel,Keagungan Wanita Dalam Naungan Islam,Majalah Al-Furqon Tahun 6  Edisi 9,Rabi’uts Tsani 1428 H
[7] Muhamad Albani,Muslimah Jadilah Shalhah,Kiswah Media,solo.2011;25
[8] Ibid,22
[9] Prof.Dr.H.Jalaludin,Fikih Remaja:BacaanPopuler Remaja Muslim,Kalam Ilahi,Jakarta 2009:358
[10] Salim  A.Fillah,Agar Bidadari Cemburu Padamu,Pro-U Media,Yogyakarta.2010;62

Tidak ada komentar:

Posting Komentar